Monday, August 3, 2009

Cara Menggunakan Facebook-mu Sendiri By Listio Catur Wicaksono X-3

(Indonesia Language / Bahasa Indonesia)

Mungkin informasi ini terlambat, akan tetapi faktanya masih banyak yang belum paham benar dan bahkan masih banyak juga yang belum mempunyai account facebook. Berikut cara dan bagaimana register (mendaftar) di facebook.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Mudah sekali untuk bergabung dengan Facebook. Yang Anda butuhkan adalah alamat email aktif untuk mengaktifkan akun dan menerima notifikasi. Untuk bergabung, Anda tinggal mengisi form Sign Up seperti gambar di atas. Isi :

1. Nama lengkap (Nama Depan dan Belakang)
2. Alamat email. Anda akan mendapat email aktivasi dan email – email notifikasi dari Facebook ke alamat email ini.
3. Password. Sebaiknya gunakan minimal 8 karakter ataupun lebih dengan kombinasi huruf dan angka yang mudah Anda ingat untuk keamanan facebook anda.
4. Gender. Tidak termasuk banci.
5. Tanggal lahir.


Setelah mengisi data tersebut, klik Sign Up. Untuk keamanan, Anda akan diminta untuk memasukkan dua kata pada gambar yang disediakan. Selanjutnya, buka email yang Anda daftarkan tadi. Anda akan mendapat email dari Facebook dengan topik : Facebook Registration Confirmation. Yang perlu Anda lakukan adalah mengklik link yang ada di email tersebut. Link tersebut akan mengantar Anda ke langkah pendaftaran selanjutnya. Facebook akan mencarikan siapa saja yang mungkin adalah teman Anda dari address book yang ada di email Anda. Pada langkah ini, Facebook akan meminta password email Anda. Setelah mengklik tombolnya, Facebook akan memindahkan Anda ke halaman login email Anda. Anda login ke dalam email tersebut dan penyedia email Anda, Yahoo misalnya, akan meminta izin Anda untuk mengijinkan Facebook membaca address book Anda. Klik Saya setuju / I agree.
Sampai di sini, kita akan kembali ke Facebook dan melihat bahwa Facebook telah menemukan beberapa rekan kita yang alamat emailnya tersimpan di address book kita danjuga terdaftar facebook. Klik Select All Friends, lalu klik tombol Add as Friends (untuk menambahkan mereka semua menjadi teman kita di Facebook) Menambahkan berjumpa. Klik Add as Friends.


Menambahkan teman :

Facebook juga akan menampilkan isi address book kita yang belum terdaftar di facebook. Facebook menawarkan apakah kita akan mengundang mereka supaya bergabung ke Facebook. Pilih beberapa rekan yang ingin Anda undang, lalu klik Invite to Join. Berikutnya Anda akan diminta mengisi informasi sekolah dan perusahaan Anda. Facebook mencoba mencarikan anggotanya yang mungkin pernah Anda kenal di sekolah dulu atau pernah kerja di perusahaan yang sama. Klik tombol untuk melanjutkan.
Di langkah ke dua ini, Facebook akan menampilkan foto – foto membernya yang pernah sekolah atau bekerja di tempat yang sama dengan Anda. Banyak sedikitnya bergantung pada seberapa banyak teman – teman Anda yang sudah tergabung dengan Facebook. Fitur inilah yang tidak kita dapati di social network lain, dan inilah kelebihan Facebook. Anda dapat bertemu kembali dengan teman – teman lama Anda yang mungkin telah lama tak berjumpa. Klik Add as Friends. Selanjutnya Anda dapat mencari teman – teman se-kota Anda. Selesai sudah pendaftaran Facebook Anda!

Dashboard Facebook :

Setelah login facebook, Anda akan masuk ke halaman Home yaitu halaman utama Facebook Anda. Di halaman ini Anda dapat melihat Update Status teman kita, Update aktivitas Facebook teman kita(misalnya menambahkan teman, menulis notes, membangun aplikasi dan lainnya).
Disamping menu Home, ada beberapa menu lainnya yaitu : Profile, Edit, Friends, dan
Inbox. Berikut penjelasan singkat mengenai isi menu – menu tersebut :

Profile

Di menu Profile terdapat beberapa tab standar yaitu Wall, Info dan Photos. Wall berisi history aktivitas kita di facebook. Di Wall ini teman – teman kita bisa menuliskan testimoni maupun mengomentari status update kita. Foto yang kita komentari dapat terlihat di sini. Anda memiliki hak penuh untuk menghapus testimoni maupun komentar status update di Wall Anda.
Info berisi informasi mengenai diri Anda. Photos berisi profil foto/ primary foto maupun foto album yang Anda Upload. Teman Anda juga dapat mengirimkan foto dengan fasilitas Post a Photo. Anda juga bisa memberi tag atau nama teman – teman yang ada di foto tersebut.
Boxes merupakan tab tambahan yang dapat digunakan untuk meletakkan aplikasi tambahan maupun notes. Anda dapat menambahkan tab baru dengan mengklik tab bertanda + (plus), misalnya tab tambahan untuk aplikasi yang kita punya.

Edit

Edit, Disini berisi form untuk mengedit informasi tentang diri Anda Friends Dari menu ini kita bisa mengetahui update friends, siapa saja teman kita, maupun menambah teman dengan melihat
Inbox,Menu inbox terdiri dari kotak masuk dan membuat pesan baru. Mengirim pesan melalui menu ini lebih bersifat privat, sebab pesan ini tidak ditampilkan di wall kita. Pesan ini hanya bisa dibuka oleh si penerima. Selain menu – menu di atas, terdapat pula aplikasi di tab bawah yaitu fasilitas chatting, status online, bookmark aplikasi, dan notifikasi.

Chatting via Facebook

Salah satu keunggulan Facebook adalah menyediakan fasilitas chatting. Kita dapat berinteraksi cepat dengan teman – teman kita yang sedang online tanpa mengganggu kegiatan kita di halaman Facebook.

Status Online

Status online kita ditandai dengan icon orang dengan titik hijau di pojok kiri. Status online teman dapat kita lihat dengan meng-klik Online Friends. Teman yang bertitik hijau berarti online, yang bertitik merah berarti offline, dan yang berwarna abu – abu berarti ‘idle’.
Notifikasi
Kita akan mendapat alert notifikasi setiap kita mendapat respon dari pengguna lain. Misalnya ketika teman mengomentari status update, notes, maupun foto kita. Kita juga mendapat otifikasi jika kita mengomentari status, notes, maupun foto teman kita lalu ada teman lain yang juga mengomentarinya.

Bookmark aplikasi

Di pojok kanan terdapat bookmark aplikasi yang dapat berfungsi sebagai shortcut untuk membuka aplikasi tersebut.

Bagaimana menonaktifkan akun Facebook
Karena suatu hal Anda lantas ingin menghapus akun Facebook Anda, lalu bagaimanakah cara menhapusnya. Caranya cukup mudah.

1. Login ke Facebook Anda
2. Klik Setting di kiri atas jendela Facebook dan pilih Account Setting
3. Muncul jendela baru, di bagian bawah terdapat pilihan Deactivate Account, klik
4. deactivate
5. Pilih salah satu alasan mengapa Anda menghapus akun tersebut
6. Isi halaman tersebut lalu asukkan sekuriti kode yang tampil.
7. Jika Anda telah menerima pesan : “Your facebook account has been deactivate” dari tim facebook, maka akun Anda berhasil dinonaktifkan.

No comments:

Post a Comment