Sunday, August 23, 2009

PERAN TIK DALAM PEMBELAJARAN by Desra Diar
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikanpengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:1. dari pelatihan ke penampilan,2. dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja,3. dari kertas ke “on line” atau saluran,4. fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,5. dari waktu siklus ke waktu nyata.
Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin poluper saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet. Menurut Rosenberg (2001; 28), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang belandaskan tiga kriteria yaitu:1. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi,2. pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer denganmenggunakan teknologi internet yang standar,3. memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigma pembelajaran tradisional.

The development of information and communication technology (ICT) has memberikanpengaruh the world of education, especially in the process pembelajaran.Menurut Rosenberg (2001), with the development of ICT use five shifts in the learning process, namely: 1. from training to performance, 2. from the classroom to where and at any time, 3. from paper to the "on line" or channel, 4. physical facilities to network facilities, 5. from time to time the real cycle. Communication as a medium of education is done by using communication media such as telephones, computers, internet, e-mail, etc.. Interaction between teachers and students not only done through face-to-face relationships, but also performed using these media. Teachers can provide service without having to deal directly with students. Similarly, students can obtain information on a wide range of different sources through cyber space or virtual space by using a computer or the Internet. The most recent is the development of the so-called "cyber teaching" or virtual instruction, the teaching process is done by using the Internet. Another term that increasingly is poluper current e-learning is a learning model by using the media and information communication technology especially the internet. According to Rosenberg (2001; 28), e-learning is the use of Internet technology in the delivery of learning in a wide range of belandaskan three criteria, namely: 1. e-learning is a network with the ability to renew, store, distribute, and share teaching materials or information, 2. shipment to final users through a computer denganmenggunakan a standard Internet technology, 3. focuses on the broadest view of learning behind traditional learning paradigms.

No comments:

Post a Comment