Tuesday, August 4, 2009

Keunggulan / kelebihan apa yang di dapat dari Windows XP VS Windows Vista(MUHAMMAD SYIDIQ NURHIDAYAT)

Keunggulan / kelebihan apa yang di dapat dari Windows XP VS Windows Vista(MUHAMMAD SYIDIQ NURHIDAYAT)


Keunggulan / kelebihan apa yang di dapat dari Windows XP VS Windows Vista dan kekurangan nya apa saja sehingga kita bisa tau hasilnya, pastinya sebagain orang masih dengan setia mempergunakan Windows XP ketimbang Windows Vista entah karena lebih dulu muncul atau memang lebih stabil. Mari kita lihat dan buktikan :

Windows XP memang sudah di akhir hayat. Penggantinya adalah Vista. Namun, masih banyak pengguna XP yang belum (tidak mau) beralih ke Vista. Bahkan, Microsoft belum lama ini malah mengeluarkan sebuah update lengkap untuk XP. Alasan klasik Microsoft adalah ingin memberi kesempatan kepada perusahaan-perusahaan untuk terus menggunakan XP. Me­ngapa XP masih banyak peminatnya? Mengapa juga banyak pengguna PC yang tidak mau menggunakan Vista?

Untuk mengetahui jawabannya dari sisi pengguna, CHIP mengadu XP dengan SP3 dan Vista dengan SP1-nya. Kedua sistem operasi tersebut akan diukur kekuatannya. Keduanya harus menunjukkan bahwa mereka tidak hanya cepat menarik perhatian saja, tetapi juga cepat menyelesaikan semua tugas yang diberikan.
Dalam “pertandingan” ini, keduanya harus menyelesaikan bahaya Internet. Setiap hardware dan software juga harus kompatibel dengan kedua sistem operasi. Masalah ini merupakan masalah tersulit dalam tes. Di lab banyak perangkat tidak berfungsi di Vista.
Kinerja: XP start lebih cepat, Vista berkutat dengan Aero

Anda ingin bekerja pada komputer tetapi tidak ingin membuang waktu hanya untuk menunggu proses booting setelah menekan tombol “On” di CPU? Oleh karena itu, kategori pertama yang harus dibuktikan adalah waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses-proses tertentu dalam di Windows.

Dalam pengujian ini, ada dua pendekatan yang dilakukan CHIP. Pertama, tes dilakukan pada PC yang sama. Kedua, berdasarkan teori, XP dirancang untuk PC yang lebih lemah sehingga harus diuji pada PC berkinerja lebih rendah.
CHIP memilih yang pertama (tidak masalah apakah pengujian dilakukan pada PC baru dan Windows lama). Bagi CHIP, hal terpenting adalah perbanding­an langsung kedua sistem. CHIP instalasikan XP dan Vista masing-masing pada sebuah PC Intel Core 2 Duo 2,4 GHz de­ngan 2 GB RAM.

PROSES BOOTING: Di sini perbedaannya hanya sedikit. Booting XP butuh 19 detik, dan Vista 23 detik. Demikian pula pada shutdown. XP 8 detik dan Vista 10 detik. Dalam mode “standby”, kinerjanya hampir sama. Begitu juga jika dalam keadaan “idle”, selisihnya hanya 1/10.

Selama beroperasi, Vista sedikit lebih lambat dari XP. Hal ini disebabkan oleh Aero, tampilan baru Vista dengan banyak pernak-pernik grafis. Sebagian besar kalkulasi Aero dilakukan oleh graphics card dan aplikasi yang ada harus kompatibel de­ngan DirectX 9. Jika tidak, Aero justru menghambat sistem. Masalah ini menambah semangat para penolak Vista karena XP justru berfungsi tanpa gangguan walaupun pada PC lama berkinerja rendah sekalipun.

START PROGRAM: Kedua sistem operasi sama cepat dalam menjalankan program ter-install. Untuk masalah ini Vista memiliki kelebihan, yaitu dengan penggunaan cache cerdas ReadyBoost. Bahkan, jika perlu Vista dapat menyimpan file yang sering digunakan pada sebuah USB flash disk. Dengan demikian, Vista tidak perlu lagi menyalin cache dari hard disk yang lambat ke dalam RAM. Vista bisa mendapatkannya lang­sung dari flash disk. Saat proses booting keduanya dilakukan, Vista sedikit lebih cepat dibanding XP. Dalam tes ini, CHIP mengukur juga berapa lama waktu yang dibutuhkan Windows untuk membuka Pho­toshop. Ternyata, Vista lebih unggul de­ngan 9 detik dan XP 11 detik.

PROSES COPY: Sekitar 200 file harus di-copy oleh kedua sistem. Hasilnya, XP membutuhkan waktu 38 detik dan Vista 39 detik. Keduanya memperoleh nilai seri. Me­nurut Microsoft, para pengembang telah berupaya keras mempercepat Vista de­ngan SP1, walaupun tidak banyak hasilnya. Untuk proses copy, ternyata XP dan Vista sama cepat. Hasil seri juga didapat untuk operasi jaringan.
SANGAT MEMBANTU - XP SP3 menampilkan lebih banyak informasi dan Help dalam Security Center.Keamanan: Vista mengesalkan, XP lebih berisiko

Lebih dari 1100 update keamanan telah dikeluarkan sejak awal era XP. Karena sangat populer, sistem operasi Microsoft ini menjadi sasaran hacker nomor satu. Jelas, keamanan adalah kategori ke-2 terpenting bagi kedua sistem dalam tes.
USER ACCOUNT: “Hanya 12 celah keamanan yang ditemukan dalam Vista dalam 6 bulan pertama sejak kemunculannya,” kata Jeff Jones, Security Strategy Director Microsoft Trustworthy Computing Group. Hal ini bisa terjadi akibat adanya feature keamanan baru di Vista.

Faktor utama keamanan ini sebenarnya terletak pada UAC (User Account Control). Dengan fasilitas ini, pengguna hanya memiliki akses terbatas pada sistem. Jadi, jika pengguna ingin menginstalasi sebuah program atau mengakses setting yang berhubungan dengan sistem, meng­update aplikasi, atau meng-copy patch keamanan, UAC akan memblokir PC. Pengguna terlebih dahulu secara eksplisit harus menyetujui tindakan yang akan dilakukan, baru kemudian mendapatkan hak akses penuh pada sistem. UAC juga sering memunculkan pesan-pesan keamanan yang kadang justru mengganggu pengguna Vista.

Berbeda dengan Windows XP. Pada XP, feature keamanan semacam itu tidak ada. Di XP, pengguna memiliki hak sistem secara penuh. Dengan demikian, semua program dapat berjalan di bawah account Anda. Kesimpulannya, Vista lebih mengesalkan pengguna dengan laporan-laporan UAC, tetapi mampu memberikan keamanan lebih besar. XP tidak seketat Vista. Namun, situasi ini bisa membuat peluang hacker untuk masuk ke dalam sistem.

FIREWALL: Apakah hacker atau malware bisa mendapat akses ke sistem melalui port-port yang terbuka dan seaman apa aplikasi yang berada di baliknya? Setelah proses instalasi kedua sistem operasi selesai, sistem langsung terproteksi dalam jaringan. Windows akan mengaktifkan beberapa layanan jaringan, termasuk firewall. Dengan demikian, layanan jaringan berfungsi baik, tetapi tidak bisa diakses dari luar (termasuk hacker). Hasil pemeriksaan dengan port scanner Nmap dapat menjelaskan keadaan sebenarnya. Kedua petarung telah siap menghadapi serangan jaringan.

ENKRIPSI: Apakah Anda sudah melindungi data di dalam notebook dengan baik sehingga bisa terbebas dari kasus pencurian data? Bahkan, jika notebook-nya tercuri sekalipun, data di dalamnya tetap tidak bisa dibaca. Untuk keamanan jenis ini, proteksi password saja tidak cukup. Melalui CD darurat sederhana (Vista PC atau Knoppix), hacker bisa saja mem-boot PC dan membaca data pada hard disk. Ia bahkan dapat membuat sebuah password baru dengan sebuah freeware sehingga bisa mendapat akses penuh pada sistem.

Pada Vista solusinya adalah enkripsi terintegrasi BitLocker yang dapat meng­enkripsi instalasi Windows. Bahkan, de­ngan Vista SP1, partisi lain juga dapat dienkripsi sehingga seluruh hard disk bisa dijaga. Sayangnya, fasilitas ini hanya tersedia dalam versi Ultimate yang mahal.

Vista Home Premier Edition dan XP tidak memiliki tool enkripsi. Anda perlu menggunakan software dari produsen lain, seperti DriveCrypt (www.securestar.com). Untuk masalah ini, Vista lebih unggul berkat BitLocker.

CEPAT - Vista menawarkan sebuah pencarian realtime yang tidak hanya mencari dalam file-file lokal, tetapi juga untuk e-mail.User Friendly: Vista sering gagal, XP kenal semua hardware

Proteksi virus dan kinerja Windows yang baik merupakan faktor idaman bagi pengguna PC. Namun, semua itu tetap belum lengkap jika sistem operasi tidak dapat dioperasikan dengan mudah.

FILE ADMINISTRATION: Untuk masalah pengelolaan file, tidak banyak hal yang ditunjukkan XP maupun Vista. File-file dapat disimpan dalam MyDocuments. Yang membedakan keduanya hanya pada fungsi pencarian file. Pada Vista, Anda bisa menemukan pencarian dengan indeks. Jadi, jika Anda memasukkan sebuah istilah ke dalam kolom “Search”, Windows langsung me­nampilkan hasilnya. Bahkan, isi file-file office dan e-mail juga akan tertera dalam hasil pencarian. Pada Windows XP, hal ini masih membutuhkan bantuan tool lain, seperti Yahoo Desktop Search (http://us.config.toolbar.yahoo.com/yds).

GADGETS: Informasi-informasi terkini sebaiknya bisa diakses dan dibaca dengan mudah. Pada Vista, Anda bisa menggunakan Vista Sidebar. Dalam area di sisi layar, pengguna dapat membaca cuaca aktual, berita-berita terakhir, atau menuliskan catatan singkat. Sebuah gadget yang bagus.

Namun sayangnya, jika sebuah program dibuka, pengguna tidak dapat meng­akses sidebar melalui kombinasi tombol. Mereka harus menjangkaunya melalui taskbar atau desktop. Sampai saat ini, belum ada add-on yang tepat untuk sidebar. Jadi, jika sidebar tidak bisa diakses, sama saja dengan XP yang tidak memiliki sidebar. Software produsen lain seperti Google Sidebar yang tersedia gratis (http://desktop.google.com) justru lebih baik kinerjanya.

KOMPATIBILITAS: Apabila sebuah software tidak berfungsi di Vista, Vista menyediakan fungsi kompatibilitas yang dapat mensimulasikan XP. Teo­rinya seperti itu. Faktanya, program-program umum seperti tool audio WaveLab tetap tidak berfungsi dengan simulasi XP, walaupun sudah di-install service pack sekalipun.

Hal yang sama berlaku juga pada hardware. Untuk menginstalasi printer atau scanner lama di Vista dibutuhkan perjuangan yang panjang. Kenyataan yang ada, driver lama tidak kompatibel dengan Vista dan driver versi baru hanya tersedia untuk perangkat baru. Dengan begitu, perangkat lama tidak berfungsi di bawah Vis­ta. Inkompatibilitas hardware dan software tetap tidak teratasi dengan SP1. Jadi, dalam kompatibilitas, Vista kalah dari XP. : Vista pemenangnya (walupun nilainya beda tipis). Sebagai saran, jika Anda menggunakan PC baru dengan komponen baru, sebaiknya gunakan Windows Vista.

KESIMPULAN
Vista pemenangnya. Hasil ini tentu me­nge­jutkan banyak orang. Kini, bila Anda memiliki PC yang cepat dengan hardware dan software terbaru, Vista bisa menjadi pilihan utama. Walaupun fasilitas UAC sering mengesalkan, tetapi Vista menawarkan keamanan lebih baik dibanding XP. Bagaimana dengan Windows XP? Pengguna dengan PC atau notebook yang lebih lambat, tampaknya akan cocok dengan XP. Ia tidak hanya lebih cepat, tetapi juga tidak menimbulkan masalah pada hardware dan software.


WEBSITE : TUTOR-INTERNET.COM

No comments:

Post a Comment